Minggu, 24 Juli 2016

Sebuah Kampung di Bogor Bebas Asap Rokok


Beritacaya, Karawang - Lima tahun silam, Kampung Mantarena Tonggoh, Kelurahan Panaragan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Mencanangkan diri sebagai kawasan bebas asap rokok. Sampai saat ini semangat tersebut masih terjaga.

Ide membuat kampung bebas asap rokok ini muncul ketika warga menggelar pertemuan mingguan. Saat itu muncul sebuah ide untuk membentuk kawasan bebas dari asap rokok.

"Warga akhirnya sepakat dan mulai mensosialisasikan gerakan ini," kata ketua RT 05/03, Pursanyata, Minggu (24/7/2016).

Ide tersebut rupanya mendapat sambutan positif. Selama kurun waktu 5 tahun, dari 130 jiwa, hanya 10% perokok aktif.

"Kami tidak melarang. Kalaupun masih ada warga yang merokok, mereka lakukan diluar lingkungan RT atau di pos ronda," ujar Pursanyata.

Dengan begitu warga yang ingin merokok, tak lagi merokok di jalan atau pekarangan, namun di lokasi yang sudah disediakan secara khusus.

"Ini dibuat agar seluruh warga, baik perokok maupun bukan, merasa nyaman," karena tidak setiap orang bisa kita rubah, tugas kita hanya menasehati saja. Kalau bisa seharusnya jangan ada pabrik rokok lagi dan kita tau itu hal yang hampir mustahil. kata dia

Larangan merokok juga berlaku bagi para pendatang atau tamu saat berkunjung ke pemukiman yang berlokasi dipusat kota itu.

Menurut dia, tidak ada pakasaan untuk mengikuti aturan yang telah disepakati bersama, tapi lambat laun warga mulai malu merokok sembarangan.

"Tidak ada hukuman yang diterpakan kepada warga. Kalau mereka ingin merokok yang penting tidak terlihat dimata umum," tutur Pursanyata.

Meski demikian, anggota keluarga juga sudah memiliki kesadaran yang baik tentang bahaya merokok. Pecandu rokok akan malu sendiri bila diketahui oleh tetangga hingga anak-anak.

"Larangan ini sampai mempengaruhi anak-anak kecil. Mereka yang menegur kalau ada pedagang lewat atau warga yang melintas sedang merokok. Padahal mereka tidak kami perintahkan," terang Aos Rosid, salah seorang warga RT 05/03.

Aos mengaku kebiasaan merokok nya mulai berkurang sejak satu tahun terakhir ini. "Saya perokok juga, tapi tidak separah dulu. Kebiasaan ngerokok berkurang mungkin karena kebiasaan dirumah, jadi terbawa ketempat kerja," kata dia.

Advertiser