Sabtu, 30 Juli 2016

Empat Tips Agar Battery Tidak Setres


Beritacaya, Karawang - Sebuah lembaga spesialis pengembangan battery yang bernama Battery University, mengatakan bahwa Battery Lithium-Ion yang terdapat di smartphone kita juga bisa mengalami setres. Oleh karena itu kami akan berikan Empat Tips Agar Battery Tidak Setres. Hal tersebut diduga kuat dapat mengurangi sisa umur battery anda, sama seperti halnya manusia saat mengalami setres.


1. Cabutlah charger saat battery sudah terisi penuh

Cabutlah charger anda ketika battery sudah terisi penuh, tidak sedikit orang yang membiarkan smartphone mereka tetap dalam keadaan tercharge walaupun battery sudah terisi penuh. Dampak buruk dari hal ini adalah, memperpendek sisa umur battery anda sendiri. Karena akan mengurangi konsentrasi zat dalam battery.

2. Pertahankan agar suhu tetap dingin atau sejuk

Hal yang harus anda tahu, panas nya suhu pada smartphone adalah ancaman besar bagi battery anda. Karena semakin panas smartphone potensi overheat sangat mungkin terjadi, misalnya ketika menggunakan smartphone dalam kondisi sedang di charge, atau diletakkan pada tempat yang terkena sinar matahari langsung. Disarankan agar menempatkan smartphone pada tempat yang sejuk.

3. Hindari charge hingga seratus persen

Lembaga dari Battery University juga mengatakan bahwa battery Lithium-Ion tidak perlu dilakukan charge hingga 100%. Bahkan mereka mengatakan agar lebih baik saat mengecharge tidak sampai terisi penuh, karena tegangan voltase yang tinggi dalam jangka panjang dapat menyebabkan battery cepat setres atau rusak.

4. Sesering mungkin untuk di charge

Adalah hal yang sangat penting untuk tidak membiarkan status battery anda dalam keadaan 0%, karena hal ini salah satu sebab yang mengakibatkan berkurangnya umur battery dengan sangat cepat. Paling tidak chargelah battery anda ketika sudah mencapai 40 atau 10% sehingga umur battery tetap terjaga. Namun biasanya saat mencapai 15% pun akan ada pemberitahuan untuk lakukan charge seperti pada smartphone ASUS, Seandainya hal itu sulit untuk anda lakukan maka sebisa mungkin anda lakukan charge sesering yang anda bisa, tenang saja hal ini tidak akan berdampak buruk justru baik bagi battery anda.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan tentang Empat Tips Agar Battery Tidak Setres semoga bermanfaat.

Advertiser