Sabtu, 23 Juli 2016

BBM di Android Lemot? Ini solusinya



Beritacaya, Karawang - Buat kamu pengguna BBM for Android pasti kamu pernah merasakan lambat nya BBM saat kamu jalankan, hal ini seringkali membuat jengkel para pengguna nya.

Ini terjadi karena Aplikasi BBM banyak memakan RAM sehingga memperlambat kinerja Smartphone kamu alias Lemot. Lalu bagaimana cara mengatasinya, apakah perlu mencopot (Uninstall) aplikasi ?

Untungnya, hal ini tidak perlu kamu lakukan karena ada cara lain agar BBM kamu dapat berjalan lebih lancar.

1. Bersihkan Data dan Cache di Aplikasi BBM for Android

Cara ini sebenarnya tak hanya dapat digunakan untuk BBM saja, tapi juga aplikasi lainnya. Apalagi jika smartphone kamu memiliki kapasitas RAM yang terbatas.

Bagaimana caranya? Untuk menghapus Data dan Cache di aplikasi, cukup mudah. Kamu hanya perlu masuk ke setting, dan pilih Applications, kemudian pilih Application Manager, dan pilih BBM.

Selanjutnya, kamu akan masuk ke info aplikasi BBM. Pada bagian Storage, pilihlah Clear Data atau Clear Cache untuk menghapus Aplikasi yang tak terpakai.



Kalau kamu memilih clear data, konsekuensi nya adalah kamu otomatis sign out dari aplikasi BBM. Untuk dapat menggunakanya kembali, kamu hanya perlu sign in akun BlackBeery ID (BBID). Oleh karena itu, kamu harus mengingat baik-baik alamat email yang digunakan saat pertama kali sign in.

Selain otomatis sign out, begitu berhasil masuk BBID, kamu juga kehilangan chat history dan recent update. Itu tak masalah, sebab kontak BlackBerry kamu masih tetap ada.

Untuk membuktikan, kamu bisa membandingkan ruang data atau cache pada saat sebelum melakukan clear data dan setelah melakukan clear data.

Misalnya saat Beritacaya belum memilih clear data, tercatat total data sebesar 92,41MB. Setelah dilakukan pembersihan, menjadi 66,32MB. Pada cache, sebelum dilakukan pembersihan 3,59MB, sedangkan setelah clear cache menjadi 512KB.



PAKAI TEMA ASLI BBM

2. Gunakan Tema Asli Bawaan BBM

Pengguna BBM terkadang senang melakukan kustomisasi suapaya tampilan profilnya lebih menarik, misalnya dengan mengubah tema BBM. Padahal hal ini membuat smartphone jadi lemot. Oleh karena itu kamu harus mengembalikan tema asli BBM kamu.

Jika kamu mengganti akun tema dengan file APK, kamu hanya perlu mencopot apkikasi BBM kamu. Selanjutnya unduh ulang aplikasi BBM for Android dari Playstore, lalu sign in kembali BBID.

Tetapi, perlu dicatat bahwa kamu harus mengingat alamat email dan password yang kamu pakai untuk BBID kamu.

3. Hapus Group atau Kontak Tidak Penting

BBM kamu lemot? Mungkin salah satunya karena di BBM kamu terlalu banyak kontak atau group. Kebanyakan apkikasi pesan instant memang jadi lebih lambat lantaran terlalu banyak group.

Misalnya saja, group BlackBerry sering digunakan untuk berjualan dan membagi-bagikan gambar. Jika kamu memang tak ingin berada di group tersebut, lebih baik leave group.
Smartphone kamu akan bisa berfungsi lebih cepat dari sebelumnya.

4. Ubah Pengaturan BBM for Android Seperlunya

BlackBerry messenger memungkinkan pengguna saling memberi informasi sedang mendengarkan lagu apa di status BBM. Rupanya hal ini juga turut berperan dalam lemot nya aplikasi.

Untuk itu, ubahlah pengaturan BBM for Android menjadi seperlunya saja. Misalnya, kamu tak perlu menunjukkan negara serta waktu, lagu yang kamu dengarkan, mengetahui lagu apa yang didengarkan pengguna lain, dan lain-lain.

Caranya, masuk ke aplikasi BBM for Android , kemudian pilih tanda tiga strip yang ada di sisi kiri BBM dan pilih setting. Lalu kamu bisa menyetel pengaturan apa saja yang kamu inginkan.

[Selamat mencoba]

Advertiser